About Us -->

Berita Terbaru

Nusa Pramedia News: About Us

About Us

Nusa Pramedia Diterbitkan Berdasarkan UU RI NO.40 Tahun 1999 Tentang PERS


UU No. 40 /1999 menggantikan Undang-Undang No. 11 Tahun 1966 mengenai Ketentuan-Ketentuan Pokok Pers, yang ditambah dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1967, dan kemudian diubah dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 1982. UU No. 40/1999 menegaskan tidak ada sensor dan pembredelan terhadap pers.

Pasal-pasal yang menegaskan kemerdekaan, fungsi dan pentingnya pers dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 adalah

Pasal 2 :
Kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.

Pasal 3 ayat (1):
Pers  nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

Pasal 6 :
Pers nasional melaksanakan peranannya:

Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahuimenegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinnekaan mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benarmelakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, danmemperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Ada pun Kemerdekaan pers diatur dalam:

Pasal 4  ayat (1) :
Kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara,

Pasal 4 ayat (2) :
Terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran

Pasal 4 ayat (3) :
Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

Undang-Undang tentang Pers  memberi sanksi kepada mereka yang menghalang-halangi kerja wartawan.

Pasal 18 :
Undang-Undang tentang Pers menyatakan, "Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berkaitan menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat 2 dan ayat 3 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta."

Nusa Pramedia adalah salah satu Media berbasis Online berwawasan Global yang melakukan kegiatan Jurnaliatik dan pemberitaan di berbagai wilayah Indonesia.

"Sumber Media Pemersatu Bangsa"

Nusapramedia.com akan berupaya menyajikan info secara up to dare setiap saat, sehingga pembaca bisa mengaksea langsung berita website kami.

Nusapramedia.com selalu memegang prinsip jurnalisme positif dengan kode etik jurnalistik, yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, dalam menyampaikan informasi, kabar dan peristiwa terkini secara fakta.

Nusapramedia.com berkomitmen menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari kalangan pemerintah maupum instansi swasta dalam penyebaran informasi positif.

Visi Misi Nusa Pramedia
1. Menjadi Portal Berita di Era Revolusi Industri 4.0 Digitalisasi sebagai referensi informasi aktual dan terpercaya untuk membangun masyarakat cerdas dan bijaksana.

2. Ikut berperan serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban, kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

3. Menyampaikan informasi berita secara up to date berimbang, akurat berlandaskan undang-undang 1945 dan Kode Etik Jurnalistik.

TerPopuler