Waspada, Penipuan Pinjaman Uang Mengatasnamakan Alvin Fahrezi, SH -->

Berita Terbaru

Waspada, Penipuan Pinjaman Uang Mengatasnamakan Alvin Fahrezi, SH

Minggu, 16 Agustus 2020, 17:49
JAKARTA - Seiring berkembangnya teknologi dan masifnya adopsi smartphone, kejahatan siber seakan sulit dihindarkan. Berbagai kasus penipuan atau scam berupa pesan singkat, sering didapat dari pihak ketiga yang tak dikenal.

WhatsApp menjadi salah satu platform yang kerap digunakan pelaku kejahatan siber untuk memuluskan aksinya. Ada beberapa modus penipuan yang harus diwaspasai. Terutama penipuan yang menggunakan layanan pesan instan seperti WhatsApp.


Belum lama ini, Minggu (16/8/2020) dikabarkan adanya pesan singkat dengan memakai nomor kontak seorang Ketua DPD Angkatan Muda Penggerak Demokrat (AMPD) DKI Jakarta, Alvin Fahrezi dengan dalih meminjam uang sebesar Rp 2.000.000.

"Lagi dimana? Rencananya mau pinjam dana sktr 2 jt kalau ada, soalnya lg ada perluan mendesak, paling lambat bsk pagi digantikan dananya," demikian bunyi pesan singkat melalui WA yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.


Sekretaris DPC AMPD Jakarta Barat Endang Kusnadi mengatakan, Modus meminjam uang tidak hanya dilakukan via pesan singkat atau SMS, tetapi kini juga merambah aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

"Pengguna aplikasi mobile diharapkan waspada terhadap apapun praktek penipuan yang dilancarkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab," ujar Endang Kusnadi.

Ia menyarankan bila ada modus pinjam uang lewat platform digital seperti WhatsApp atau Facebook, maka pengguna bisa mengabaikan pesan itu, kecuali pengguna bertemu dengan orang yang ingin meminjam uang tersebut.

Sekalipun dia menggunakan profil dari saudara pengguna, tetap disarankan tidak memberikan uang tersebut. Bila perlu, pengguna bisa menghubungi atau menelefon langsung, dan pastikan pengguna mengenal suara lawan bicara sehingga benar dia adalah keluarga atau saudara. (ril)

TerPopuler