Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Ketua FKDM Kecamatan Tambora Sampaikan Pesan Kepada Jajarannya, Berikut Pesannya -->

Berita Terbaru

Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Ketua FKDM Kecamatan Tambora Sampaikan Pesan Kepada Jajarannya, Berikut Pesannya

Kamis, 12 Desember 2019, 09:55
JAKARTA |Nusa Pramedia News|- Menjelang peringatan Hari Raya Natal dan tahun baru 2020, Ketua FKDM Kecamatan Tambora, Lutfi Ramli, mengajak seluruh anggota SeKecamatan Tambora untuk membantu mengamankan perayaan natal dan tahun baru 2020 agar terlaksana dengan aman dan lancar.

"Sesuai tugas dan fungsinya, fkdm yang berjumlah 87 orang sekecamatan tambora untuk melakukan pantauan dan pengamanan serta selalu berkoordinasi dengan pengurus RT/RW dalam rangka deteksi dini dan cegah dini," ungkapnya.

Ia juga berharap, agar fkdm dapat menjalankan tugasnya sesuai tufoksi, selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti kepolisian, TNI, Satpol PP, Kelurahan, Kecamatan, dan Pengurus RT/RW yang merupakan garda terdepan dalam pengamanan lingkungan.

"Untuk jajaran FKDM yang di wilayahnya ada tempat peribadatan seperti Gereja saat melakukan kegiatan penyelenggaraan Natal, FKDM harus hadir untuk melakukan pengamanan dan pemantauan dalam rangka melakukan deteksi dini dan cegah dini," ujarnya.

Khusus untuk Satpol PP, lanjut Lutfi, seiring dengan telah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satpol PP yang menambahkan tiga fungsi baru bagi aparat penegak Perda tersebut, yakni sebagai pengayom masyarakat, sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan juga Kewaspadaan Dini.

"Kami berharap dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2018 tersebut, Satpol PP dapat bersinergi dengan FKDM dalam melaksanakan tugas pengamanan ini," harap Ketua FKDM Kecamatan Tambora, Lutfi Ramli.

Lutfi juga berharap, pada perayaan natal dan Tahun Baru 2020 ini dapat berjalan lancar, aman tanpa hambatan, maka pentingnya peran serta FKDM untuk hadir membantu pengamanan meningkatkan kewaspadaan dan cegah dini terlebih pada saat Perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sebagaimana tertuang di Pemendagri Tahun 2006, tentang tugas pokok FKDM yang tidak luput mengikuti arahan dari Kepala Suku Badan Kesbangpol Jakarta Barat, bahwa FKDM harus ada dan hadir di tengah masyarakat, selalu mengedepankan koordinasi antar lembaga dengan pihak Pengurus RT/RW di wilayah.

"Apabila mendapatkan temuan yang akan membawa dampak permasalahan dapat segera dicegah, secara dini, agar tidak berkembang," beber Ketua FKDM Kecamatan Tambora, Lutfi Ramli kepada Media ini, Kamis (12/12/2019)

Ia juga menegaskan kepada jajaran FKDM Kecamatan maupun Kelurahan, agar dapat melaporkan apabila ada menemukan kegiatan di wilayah kepada Lurah maupun Camat selaku Dewan Penasehat FKDM.

"Ini semua dilakukan ketika ada temuan-temuan kegiatan sosial maupun kerawanan Kamtibmas, wilayah oleh anggota FKDM dapat dijadikan dasar rekomendasi ditindak lanjuti," pungkasnya mengakhiri. (ril/her)

TerPopuler