Apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2019 Dalam Rangka Penanganan Bencana. -->

Berita Terbaru

Apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2019 Dalam Rangka Penanganan Bencana.

Selasa, 17 Desember 2019, 10:57

Apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2019 Dalam Rangka Penanganan Bencana.

Depok | Nusapramedia.com | Apel gelar pasukan penanganan Aman Nusa II dalam penanganan kontinjensi bencana  tahun 2019 dan 2020 Serta perlengkapan dan peralatan Polri, diselenggarakan di Lapangan apel Mako Korbrimob Kelapadua Depok . Senin, (16/12/2019)

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Kaopspus atau diwakili oleh Wadan Korbrimob Brigjen Pol. Drs Abdul Rakhman Baso, SH. Dihadiri pejabat Satgasopsus Aman Nusa II  dan Para pejabat Korbrimob.

Apel yang diikuti sebanyak 1.466 personel tersebut dalam rangka kesiapsiagaan  Polri beserta seluruh jajaran Mabes Polri bekerjasama dengan BNPB, BNPP, BMKG, TNI dan pemerintah beserta potensi lainnya yang dimulai pada saat siaga darurat bencana, saat terjadinya kejadian bencana dan pasca bencana diseluruh wilayah NKRI yang mengalami bencana.

Dengan langkah penguatan dan pendampingan psikologi, pencarian, penyelamatan, perlindungan, pengamanan dan evakuasi korban, harta benda disaster victim identification (dvi) dan penegakan hukum dengan membentuk Satgas diantaranya Satgas SAR, terdiri dari Korbrimob, Ditpol Air, Dipol Udara dan Ditpol Satwa.

Satgas Pengungsian Dan Perlindungan, terdiri dari Ditsamapta, Ditpamobvit, Ditbinmas dan Korlantas, Satgas Kedokteran Dan Kesehatan, terdiri dari Pusdokes dan DVI, Satgas Lidik Sidik, terdiri dari Bareskrim Dan Baintelkam, Satgas Ban Ops, terdiri dari Korlantas, Div Humas, TIK, Propam, Logistik, Div Hubinter, Psikologi, Labfor Dan Inafis.

Apel kesiapsiagaan yang diselenggarakan di jajaran Mabes Polri ini, dilaksanakan dengan tujuan Melaksanakan bantuan personel dan peralatan kepada BNPB atau BPBD dan BNPP, Basarnas atau Basarda dilokasi terjadinya bencana.

Bersama BNPB atau BPBD membentuk satuan tugas yang terdiri dari beberapa cluster yang telah diatur dalam peraturan kepala BNPB atau BPBD maupun BNPP, Basarnas atau Basarda Untuk penyelamatan terhadap korban bencana. Melakukan langkah-langkah siaga darurat, tanggap darurat bencana dan pascabencana, bersama BNPB atau BPBD Dan BNPP, Basarnas dan Basarda.

Sebagai pedoman pelasanaan kegiatan dalam penanganan bencana Pelibatan Polri secara aktif dalam upaya membantu penanganan bencana. Melakukan pengamanan terhadap daerah bencana pengungsian terhadap gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kaopspus Aman Nusa II Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko kepada para peserta apel agar menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka penanganan bencana di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan, melaksanakan tugas dengan penuh ketaqwaan dan keikhlasan kepada tuhan yang maha esa.

Setiap Kasatgas agar memastikan sumber daya organisasi satgasnya siap operasional, memastikan setiap anggota Satgas mengerti dan memahami tugas dan fungsinya dalam operasi kontinjensi Aman Nusa II-2019.

Setiap Kasatgas agar memastikan seluruh anggotanya melengkapi dengan alat perlindungan diri sesuai standar. melaksanakan sinergitas dengan bnpb, bpbd, bnpp maupun basarnas, unsur tni dan potensi masyarakat lainnya. Serta makukan pengawasan dan pengendalian secara melekat dengan hadir di tengah anggota saat pelaksanaan tugas, sehingga mengetahui kekurangan maupun kendala yang dihadapi guna meminimalisir kesalahan bahkan kerugian baik pers maupun materiil dalam tugas. (Guh)

TerPopuler