Mahasiswa S2 STP Trisakti : "Harapan Besar dari Pariwisata Indonesia". -->

Berita Terbaru

Mahasiswa S2 STP Trisakti : "Harapan Besar dari Pariwisata Indonesia".

Jumat, 29 November 2019, 12:54


NUSAPRAMEDIA.COM | Jakarta | Pariwisata merupakan cermin dari suatu Negara yang menggambarkan kepribadian diri, karena dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang dan SDM yang sangat memadai Indonesia seharusnya dapat menjadi Negara dengan tujuan kunjugan wisata yang paling di cari oleh turis, baik domestik maupun internasional, karena SDA yang sangat berlimpah yang tidak dimiliki oleh negara lain. Tapi pada kenyataanya turis internasional hanya mencari tahu saja tanpa ada rencana yang sesungguhnya ingin mengunjunginya. Jum'at, (29/11/2019).

"Hal ini sebaiknya menjadi evaluasi bagi kita semua, baik Pemerintah dan masyarakat sendiri...Kita sebagai masyarakat indonesia sangat ingin Pariwisata kita dikenal negara lain, baik di Asia ataupun di Eropa tidak hanya Bali, bunaken dan raja ampat. Sedangkan banyak SDA Indonesia yang belum tergali yang sangat besar kesempatan menjadi Bali, Bunaken atau raja ampat lainnya, bahkan melebihi dari ekspektasi mereka.

Kita sebagai masyarakat Indonesia ingin sekali turis Internasional datang ke indonesia merasakan kenyamanan dan keamanan yang maksimal, yang pada dasarnya ada sapta pesona yang selalu kita gembar gemborkan sebagai landasan kepariwisataan indonesia.

Kita sendiri sebagai masyarakat indonesia yang memiliki Pariwisata di negeri kita sendiri, belum bisa dengan mudah pergi ke daerah wisata yang berada di luar wilayah sendiri karena harga tiket pesawat yang melambung tinggi ataupun akses transportasi yang belum memadai. 

Lalu apa yang harus kita lakukan, yaitu mengajak seluruh masyarakat sekitar, dengan cara bahwa kita bisa mengarahkan pariwisata yang kita punya menjadi lebih baik lagi, melalui sadar pariwisata, dimana setiap masyarakat diberikan penyuluhan mengenai Pariwisata, yang dapat menjadi:


Sumber perekonomian yaitu dengan tingginya minat wisatawan mengunjungi suatu daerah wisata, maka wisatawan akan memerlukan akomodasi, perjalanan wisata, tempat membeli cindera mata dan menggunakan fasilitas yang lainnya yang digerakkan atau dimiliki oleh masyarakat sekitar.



Hal ini mendatangkan devisa yang menguntungkan bagi masyarakat sekitar secara khusus seperti meningkatkan pendapatan, memperbaiki fasilitas umum di daerah tersebut, meningkatkan pendidikan keluarga dan mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat.




Dan bagi pemerintah setempat secara umum seperti perbaikan jalanan sebagai media transportasi dari kota ke daerah wisata, pengembangan dana bagi wira usahawan yang akan memualai usaha nya dan menambah wisata baru serta mengembangkan wisata alam yang sudah ada agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan negara lain.

Ciri khas negara yaitu berdasarkan direktorat jendral pemerintahan umum 2019, indonesia tercatat memiliki lebih dari 17.000 pulau, dan hutanya menjadi hutan tropis terluas ke 2 di dunia setelah Brazilia, yang merupakan paru – paru dunia.



Hal ini sangat  jelas sekali dengan SDA yang memadai sebaiknya kita dapat memaksimalkan hal tersebut dengan mengadakan acara yang berkaitan dengan SDA seperti mengundang negara lain menanam pohon bakau bersama – sama, wisata edukasi yang di kemas dengan cara terbaik dan meninggalkan kesan terbaik juga, menjadi masyarkat sekitar dalam satu waktu dan merasakan kebiasaan dan tradisi masyarakat sekitar dan banyak lagi yang lainnya.

Kepribadian bangsa yaitu karena di dalam nya kita dapat menuangkan tradisi yang beragam dari setiap daerah di Indonesia, kebudayaan yang berasal dari 34 propinsi yang tidak dimiliki negara lain, suku yang berjumlah 1.340 dari 300 kelompok etnik dan tata cara hidup dari setiap masyarakat di wilayah yang berbeda – beda. Dan biasanya turis internasional sangat menyukai hal tersebut, karena di luar dari kebiasaan kehidupan mereka dan menjad hal baru.

Apabila seluruh masyarakat dapat menjadi voulenteer untuk kemajuan pariwisata di negara sendiri, pasti negera tersebut akan menjadi negara berkembang dengan penghasilan terbesar yang di dapat dari Pariwisata. Jadi semua lapisan masyarakat dapat membantu kemajuan negara dalam segala aspek khususnya pariwisata, tidak hanya protes kepada pemerintah.



Dengan memulai hal kecil dari diri sendiri seperti promo objek wisata melalui akun media sosial mengenai  foto atau video pariwisata dimana turis internasional yg mencari tahu indonesia dapat dengan mudahnya menerima penjelasan yang sesuai keinginanya, sebenarnya semua dapat dilakukan untuk mencapai hal besar yang diharapkan bersama, yaitu menjadi Negara dengan Pariwisata terbaik di dunia.

Narasumber : Mahasiswa S2 STP Trisakti Batch23 Fanny & Zubaidah
Editor : Teguh

TerPopuler